Rabu, 08 Juni 2016

MATERI PSAP 1 PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN



PSAP NO. 01
PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN

      POKOK BAHASAN
  1. Tujuan
  2. Ruang Lingkup
  3. Definisi Unsur Laporan Keuangan
  4. Basis Akuntansi
  5. Tanggung Jawab Pelaporan Keuangan
  6. Informasi  Laporan Keuangan
  7. Komponen-Komponen Laporan Keuangan
  8. Struktur dan Isi Laporan Keuangan

      TUJUAN PSAP 01
q  Tujuan PSAP 01 adalah untuk mengatur penyajian laporan keuangan untuk tujuan umum.
q  Laporan keuangan untuk tujuan umum adalah laporan keuangan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pengguna laporan termasuk lembaga legislatif sebagaimana ditetapkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan

      RUANG LINGKUP
q  Laporan keuangan untuk tujuan umum disusun dan disajikan dengan basis akrual
q  Pernyataan standar ini berlaku untuk entitas pelaporan dalam menyusun laporan keuangan suatu entitas pemerintah pusat, pemerintah daerah dan laporan keuangan konsolidasian, tidak termasuk perusahaan negara/daerah

      DEFINISI
Pendatapan-LRA: semua penerimaan Rekening Kas Umum Negara /Daerah yang menambah Saldo Anggaran Lebih dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah, dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah.
Pendapatan-LO: hak pemerintah pusat/daerah yang diakui sebagai penambah ekuitas dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali.

      DEFINISI
Belanja: semua pengeluaran dari Rekening Kas Umum Negara/Daerah yang mengurangi Saldo Anggaran Lebih dalam periode tahun anggaran bersangkutan yang tidak akan diperoleh pembayarannya kembali oleh pemerintah.
Beban: penurunan manfaat ekonomi atau potensi jasa dalam periode pelaporan yang menurunkan ekuitas, yang dapat berupa pengeluaran atau konsumsi aset atau timbulnya kewajiban.

      DEFINISI
Surplus/Defisit-LRA:selisih lebih/kurang antara pendapatan-LRA dan belanja selama satu periode pelaporan.
Surplus/Defisit-LO: selisih antara pendapatan-LO dan beban selama satu periode pelaporan, setelah diperhitungkan surplus/ defisit dari kegiatan non operasional dan pos luar biasa.
Penyusutan adalah alokasi yang sistematis atas nilai  suatu aset tetap yang dapat disusutkan (depreciable assets) selama masa manfaat aset yang bersangkutan.

      DEFINISI
Pos luar biasa: pendapatan luar biasa/ beban luar biasa yg terjadi karena kejadian atau transaksi yg bukan merupakan operasi biasa, tidak diharapkan sering atau rutin terjadi, dan berada di luar kendali atau pengaruh entitas bersangkutan.
Saldo Anggaran Lebih adalah gunggungan saldo yang berasal dari akumulasi SiLPA/SiKPA tahun-tahun anggaran sebelumnya dan tahun berjalan serta penyesuaian lain yang diperkenankan

      TANGGUNG JAWAB PELAPORAN KEUANGAN
Tanggung jawab penyusunan dan penyajian     laporan keuangan berada pada pimpinan entitas

·        INFORMASI LAPORAN KEUANGAN
Laporan keuangan menyediakan informasi mengenai entitas pelaporan dalam hal:
      Aset;
      Kewajiban;
      Ekuitas;
      Pendapatan-LRA;
      Belanja;
      Transfer;
      Pembiayaan;
      Saldo anggaran lebih
      Pendapatan-LO;
      Beban; dan
      Arus kas.

·        KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN  
Komponen laporan keuangan pokok:
q    Laporan Realisasi Anggaran
q  Laporan Perubahan SAL
q    Neraca
q    Laporan Operasional (LO)
q    LAK
q    Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
q    CaLK

      KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN  
Setiap entitas menyajikan komponen-komponen laporan keuangan tersebut kecuali :
1.      LAK yang hanya disajikan oleh entitas yang mempunyai fungsi perbendaharaan umum;
2.      Laporan Perubahan SAL yang hanya disajikan oleh Bendahara Umum Negara/Daerah dan entitas pelaporan yang menyusun laporan keuangan konsolidasiannya

      LAPORAN REALISASI ANGGARAN
Tetap diperlukan untuk memenuhi kewajiban pemerintah yang diatur dalam peraturan perundangan (statutory)
      LAPORAN PERUBAHAN SAL
Laporan Perubahan SAL menyajikan secara komparatif dengan periode sebelumnya pos-pos berikut:
A.     Saldo Anggaran Lebih  awal;
B.     Penggunaan  Saldo Anggaran Lebih;
C.     Sisa Lebih/Kurang Pembiayaan Anggaran tahun berjalan;
D.     Koreksi Kesalahan Pembukuan tahun Sebelumnya; dan Lain-lain;
E.      Saldo Anggaran Lebih Akhir.

      NERACA
Neraca menggambarkan posisi keuangan pemerintah mengenai aset, kewajiban, dan ekuitas dana pada tanggal tertentu.
·        ILUSTRASI NERACA PEMERINTAH DAERAH







·        LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS


·        LAPORAN PERUBAHAN SALDO ANGGARAN LEBIH



§  LAPORAN ARUS KAS
1.      Menyajikan informasi mengenai sumber, penggunaan, perubahan kas dan setara kas pada tanggal pelaporan.
2.      Disajikan oleh entitas yang mempunyai fungsi perbendaharaan umum (Par 15)
3.      Arus masuk dan keluar kas diklasifikasikan berdasarkan aktivitas operasi, investasi, pendanaan, dan transitoris (Par 90)

·        LAPORAN OPERASIONAL

1.      Merupakan Laporan yang menyajikan pos-pos sebagai berikut:
a)   Pendapatan-LO dari kegiatan operasional;
b)   Beban dari kegiatan operasional ;
c)   Surplus/defisit dari Kegiatan Non Operasional, bila ada;
d)   Pos luar biasa, bila ada;
e)   Surplus/defisit-LO.
      Kegiatan dapat dianalisis menurut klasifikasi ekonomi atau fungsi.

      LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS
Merupakan Laporan yang menyajikan pos-pos:
a) Ekuitas awal;
b) Surplus/defisit-LO pada periode bersangkutan;
c) Koreksi-koreksi yang langsung menambah/ mengurangi ekuitas, yang antara lain berasal dari dampak kumulatif yang disebabkan oleh perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan mendasar, misalnya: koreksi kesalahan mendasar dari persediaan yang terjadi pada periode-periode sebelumnya dan perubahan nilai aset tetap karena revaluasi aset tetap.
d) Ekuitas akhir.
Rincian dari unsur dalam LPE disajikan dalam CALK

·        CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN
Disajikan secara sistematis. Setiap pos dalam LRA, Laporan Perubahan SAL, Neraca, LO, LAK, dan LPE harus mempunyai referensi silang dengan informasi terkait dalam Catatan atas Laporan Keuangan.
Catatan atas Laporan Keuangan meliputi penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam LRA, Laporan Perubahan SAL, Neraca, LO, LAK, dan LPE.

      CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN
1.      Informasi umum entitas pelaporan dan entitas akuntansi
2.      Informasi tentang kebijakan fisal / keuangan
3.      Ikhtisar pencapaian target keuangan
4.      Dasar penyusunan laporan keuangan dan kebijakan akuntansi
5.      Informasi yang diharuskan PSAP yang  belum disajikan
6.      Informasi lainnya untuk penyajian yang wajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar