RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas
Kelas/Semester :
X/I
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Topik atau Tema :
Konsep Ilmu Ekonomi
Sub Tema : 1. Pengertian Ilmu Ekonomi
2. Pembagian Ilmu Ekonomi
Pertemuan ke :
1 (Satu)
Alokasi Waktu :
1 x 45 Menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2: Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai) santun responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyajir dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode susuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mensyukuri karunia Tuhan YME atas pemberian
sumber daya alam yang melimpah sebagai pemenuhan kebutuhan serta mengamalkan
ajaran agama islam dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk
mengetahui informasi ekonomi.
1.2 Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan
ekonomi serta menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras,
sederhana, adil, berani, dan peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi.
1.3 Mendeskripsikan pengertian dan pembagian ilmu
ekonomi
1.4 Menyajikan konsep ilmu ekonomi
C.
Indikator
Setalah mempelajari materi ini
siswa diharapkan mampu :
1.
Mendeskripsikan pengertian
ilmu ekonomi
2.
Mendeskripsikan
pembagian ilmu ekonomi
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu :
1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
2.
Siswa
mampu menjelaskan pembagian ilmu ekonomi
E.
Materi
Pembelajaran
1. Materi
berdasarkan konsep :
v Pengertian
ilmu ekonomi :
Ekonomi
berasal dari kata “oikos” dan “nomos”. Oikos berarti rumah tangga dan nomos
berarti mengurus atau mengatur.
Ilmu ekonomi adalah
ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam mengelola sumber daya alam yang
terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.
v Pembagian
ilmu ekonomi :
1. Menurut P. A. Samuelson
A.
Ekonomi Positif: berhubungan dengan
prinsif ekonomi yang menerengkan rangkain sebab akibat.
Contoh: kenaikan harga BBM.
B.
Ekonomi Normatif: berhubungan dengan
nilai etik. Menilai yang baik atau yang buruk agar menjadi suatu keadaan yang
lebih baik.
Contoh:
bagaimana cara agar kenaikan harga BBM tidak memberatkan masyarakat.
2. Menurut
A.W Stoner dan Douglas C. Hague
A. Ekonomi
Deskriptif: menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan
ekonomi dalam bentuk angka-angka, grafik dan yang lainnya.
Contoh:
jumlah pengangguran, neraca pembayaran.
B. Teori
ekonomi :
-
Teori ekonomi makro: satu bidang study
dalam ilmu ekonomi yang menganalisis keseluruhan kegiatan perekonomian.
Contoh:
inflasi, pendapatan nasiona.
-
Teori ekonomi mikro: satu bidang study
dalam ilmu ekonomi yang menganalisis bagian-bagian kecil dari keseluruhan
kegiatan perekonomian.
Contoh:
tingkah laku penjual dan pembeli.
C. Ekonomi
Terapan: ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang telah diambil
didalam teori ekonomi.
Tujuannya
untuk memperbaiki keadaan kehidupan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup yang
lebih baik.
3. Menurut
Jc. Rietveld
A. Ekonomi
Umum: mempelajari dan menerangkan gejala-gejala ekonomi didalam masyarakat pada
umumnya.
Contoh:
ekonomi moneter, ekonomi internasional, perdagangan internasional.
B. Ekonomi
perusahaan: mempelajari gejala-gejala dalam rumah tangga perusahaan.
Contoh:
ilmu pembelanjaan, ilmu biaya, biaya produksi.
2. Materi
berdasarkan fakta :
-
Kegunaan ilmu ekonomi
Ilmu
ekonomi sangat diperlukan oleh setiap individu dalam rangka mengatasi masalah
ekonomi yang dihadapinya.
-
Contoh kegunaan mempelajari ilmu ekonomi
:
Memahami
ilmu ekonomi yang baik dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari seperti
membeli barang sesuai dengan kebutuhan.
F.
Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan
adalah :
1. Ceramah
:
-
Hafalan
-
Diskusi Kecil
-
Tanya Jawab
G.
Media
/ Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
/ Alat Pembelajaran : Sepidol, papan tulis, LKS.
2. Sumber
Pembelajaran : Buku panduan ekonomi kelas X kurikulum 2013 BAB 1 karangan
Rudianto dan Endang Hermawan.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembuka
|
1.
Memberikan salam
2.
Peserta didik berdoa sebelum pelajaran dimulai
3.
Mengecek kehadiran siswa
4.
Menanyakan kabar kepada siswa dan kesiapan,
kenyamanan untuk belajar
5.
Menyampaikan informasi tentang materi yang akan
diajarkan “konsep ilmu ekonomi”
6.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Agar mampu menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
-
Agar mampu menjelaskan
pembagian ilmu ekonomi
7.
Memotivasi siswa dengan bercerita tentang materi
yang terkait tentang “konsep ilmu ekonomi”
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati :
1.
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang konsep
ilmu ekonomi
2.
Peserta didik menyimak penjelasan informasi tentang
konsep ilmu ekonomi yang dijelaskan oleh guru didepan.
Menanya :
1.
Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya
tentang materi yang sudah dijelaskan oleh guru
2.
Peserta didik boleh bertanya kepada guru jika ada
materi yang belum dimengerti.
Mengeksplorasi :
1. Guru bertanya kepada
siswa tentang materi yang disampaikan dan siswa menjelaskan secara bertahap.
Mengasosiasi :
1.
Guru memastikan siswa berperan aktif dan dapat
menerima materi yang sudah dijelaskan
2.
Mengidentifikasikan materi yang berkaitan dengan
konsep ilmu ekonomi
Mengkomukasikan :
1.
Guru menyampaikan materi secara bertahap
2.
Siswa menyimak dan mencatat materi yang penting.
|
20 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang
materi yang telah diberikan.
v Pengertian ilmu
ekonomi :
Ilmu ekonomi adalah
ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam mengelola sumber daya alam yang
terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.
v Pembagian ilmu
ekonomi :
1.
P. A.
Samuelson
-
Positif dan Normatif
2.
A.W Stoner dan Douglas C. Hague
-
Ekonomi Deskriptif,
-
Teori Ekonomi : Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro.
-
Ekonomi Terapan
3.
Jc. Rietveld
-
Ekomoni Umum
-
Ekonomi Perusahaan
2.
Guru memberikan evaluasi mengenai konsep ilmu
ekonomi.
1.
Menurut pendapat kalian apa pengertian ilmu ekonomi?
2.
Apakah kalian sudah paham pembagian ilmu ekonomi
positif dan ekonomi normatif? Coba jelaskan!
3.
Apa kegunaan mempelajari ilmu ekonomi?
3.
Guru memberikan kesimpulan pembelajaran.
Kesimpulan : Ilmu
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam mengelola sumber
daya alam yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.
Jika kita
menggukanan sumber daya yang berlebih maka akan terjadinya kelangkaan, yaitu
ketidak stabilan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhannya. Maka dari itu
kita sebagai pengelola harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin sesuai
dengan kebutuhan saja agar mencapai kemakmuran.
4.
Siswa diberikan pekerjaan rumah secara individu.
1.
Apa manfaat mempelajari ilmu ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari?
2.
Sebutkan dan tulis apa saja 5 kegiatan ekonomi yang
setiap hari kalian lakukan?
5.
Siswa mendapatkan informasi mengenai materi
pembeljaran
pertemuan yang akan datang.
6.
Kegiatan diakhiri dengan doa dan salam penutup
“ untuk mengakhiri
pembelajaran pada hari ini, marilah kita bersama-sama mengucapkan hamdalah
(Alhamdulillah). Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”
|
10 Menit
|
I.
Penilaian
Hasil Belajar
Penilaian dilakukan selama kegiatan
pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Afektif / Sikap
1.
Aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan
2.
Toleransi terhadap sesama teman kelas
3.
Peduli terhadap kegiatan pembelajaran
4.
Disiplin selama proses pembelajaran
5.
Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas
|
Observasi
|
Selama
pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
1. Menjelaskan
pengertian dan pembagian ilmu ekonomi
|
Penugasan
|
Penyelesaian pribadi
|
3.
|
Keterampilan
1. Terampil menerapkan
konsep ilmu ekonomi dan strategi pemecahan masalahnya
|
Rubik Penilaian mengerjakan soal
|
Selama pelajaran
|
J.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Instrumen penilaian sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
1. Penilaian
Sikap : Observasi
2. Penilaian
Pengetahuan : Penugasan
3. Penampilan
Keterampilan : Rubik penilaian mengerjakan soal
PENILAIAN
SPIRITUAL
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas
/ Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2015 / 2016
I.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
II.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mensyukuri
karunia Tuhan Yang Maha Esa. Atas pemberian amanah untuk memanfaatkan ilmu
pengetahuan ekonomi.
1.2 Mengamalkan
ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan informasi
ekonomi yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat dipertimbangkan.
III. Rubrik Penilaian
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
3,25 – 4,00
|
Selalu
(penjabaran indikator)
|
Baik (B)
|
2,50 – 3,24
|
Sering (penjabaran
indikator)
|
Cukup (C)
|
1,75 – 2,29
|
Kadang-kadang (penjabaran
indikator)
|
Kurang (K)
|
1,00 – 1,74
|
Tidak pernah (penjabaran
indikator)
|
Keterangan:
1. Indikator
dikembangkan sebagaimana
dalam rubrik.
2. Indikator
terdiri dari:
a. Menunjukan
rasa syukur
b. Berdoa
diawal dan akhir pelajaran
c. Memberi
salam (ketika guru masuk dan keluar kelas serta membuka dan menutup persentasi)
PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas
/ Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2015 / 2016
I.
Kompetensi
Inti
2. Menghayati,
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
II.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menunjukan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, responsif dan proaktif dalam
berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika
profesi bidang ekonomi.
III.
Rubrik
Penilaian
1. Jujur
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
3,25 – 4,00
|
Selalu bertutur
kata sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya
|
Baik (B)
|
2,50 – 3,24
|
Sering bertutur
kata sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya
|
Cukup (C)
|
1,75 – 2,29
|
Kadang-kadang bertutur
kata sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya
|
Kurang (K)
|
1,00 – 1,74
|
Tidak pernah bertutur
kata sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya
|
2. Tanggung
Jawab
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
3,25 – 4,00
|
Selalu mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai yang
diperintahkan
|
Baik (B)
|
2,50 – 3,24
|
Sering mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai yang
diperintahkan
|
Cukup (C)
|
1,75 – 2,29
|
Kadang-kadang
mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai yang
diperintahkan
|
Kurang (K)
|
1,00 – 1,74
|
Tidak pernah mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai yang
diperintahkan
|
Format Penilaian Aspek Afektif (Spiritual Dan Sikap)
No
|
Nama
|
Spiritual
|
Sikap
|
Jumlah Nilai
|
Nilai Akhir
|
Predikat
|
|||
Bersyukur
|
Berdoa
|
Salam
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Nilai
maksimal = jumlah sikap yang dinilai x jumlah kriteria.
Misal: Nilai maksimal = 5 x 4 = 20
2.
Nilai
sikap = (jumlah skor perolehan : nilai maksimal) x 100
3.
Nilai
sikap dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut
Kriteria
|
Skor
|
Interval
|
Sangat Baik (SB)
|
3,25 – 4,00
|
(80 – 100)
|
Baik (B)
|
2,50 – 3,24
|
(70 – 79)
|
Cukup (C)
|
1,75 – 2,29
|
(60 – 69)
|
Kurang (K)
|
1,00 – 1,74
|
< 60
|
PENILAIAN PENGETAHUAN
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas
/ Semester : X / I
Materi
Pokok : Konsep Ilmu Ekonomi
Tahun
Pelajaran : 2015 / 2016
I. Kompetensi Inti
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
II.
Kompetensi
Dasar
3.1. Mendeskripsikan
pengertian dan pembagian ilmu ekonomi
III.
Rumusan
Butir Soal
A. Kisi – Kisi Perumusan Soal
Materi Pokok
|
Indikator
|
Uraian
|
Skor Maksimal
|
|
Jumlah Soal
|
No.
Soal
|
|||
Konsep Ilmu Ekonoi
|
Menjelaskan
pengertian ilmu ekonomi
|
1
|
1
|
20
|
Menyebutkan pembagian
ilmu ekonomi
|
1
|
2
|
40
|
|
Menyebutkan kegunaan mempelajari ilmu ekonomi
|
1
|
3
|
40
|
|
Jumlah
|
3
|
3
|
100
|
B.
Soal
Uraian
1. Jelaskan pengertian ilmu ekonomi
secara umum?
2. Jelaskan
pembagian ilmu ekonomi positif dan normatif?
3. Apa kegunaan
mempelajari ilmu ekonomi?
Kunci Jawaban
1. Pengertian
ilmu ekonomi :
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku
manusia dalam mengelola sumber daya alam yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang
tidak terbatas.
2. Pembagian
ilmu ekonoimi :
-
Ekonomi Positif: berhubungan dengan
prinsif ekonomi yang menerengkan rangkain sebab akibat.
Contoh: kenaikan harga BBM.
-
Ekonomi Normatif: berhubungan dengan
nilai etik. Menilai yang baik atau yang buruk agar menjadi suatu keadaan yang
lebih baik.
Contoh:
bagaimana cara agar kenaikan harga BBM tidak memberatkan masyarakat.
3. Kegunaan
mempelajari ilmu ekonomi :
Memahami ilmu ekonomi yang baik
dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari seperti membeli barang sesuai
dengan kebutuhan.
C. Format Nilai Uraian
No
|
Nama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Jumlah
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Predikat
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
-
Nilai
maksimal = 100
-
Nilai
Akhir = (Nilai Perolehan : Nilai Maksimal) x 100
Interval
|
Skor
|
Predikat
|
96-100
|
3,67 < Nilai
< 4,00
|
A
|
91-95
|
3,33 < Nilai
< 3,66
|
A-
|
86-90
|
3,01 < Nilai
< 3,32
|
B+
|
81-85
|
2,67 < Nilai
< 3,00
|
B
|
75-80
|
2,33 < Nilai
< 2,66
|
B-
|
70-74
|
2,01 < Nilai
< 2,32
|
C+
|
65-69
|
1,67 < Nilai
< 2,00
|
C
|
60-64
|
1,33 < Nilai
< 1,66
|
C-
|
55-59
|
1,01 < Nilai
< 1,32
|
D+
|
0-54
|
0,00 < Nilai
< 1,00
|
D
|
PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas
/ Semester : X / I
Materi
Pokok : Konsep Ilmu Ekonomi
Tahun
Pelajaran : 2015 / 2016
I.
Kompetensi
Inti
4.
Mengolah, menalari, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi
Dasar
1.1. Menyajikan konsep ilmu ekonomi
III. Indikator
1.1.1. Membedakan pernyataan positif dan pertanyaan normatif dalam ekonomi
IV. Rumusan Soal
1. Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang pembagian ilmu ekonomi
V.
Kriteria,
Skor, dan Indikator Keterampilan
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Kriteria
|
Skor
Maksimal
|
Pelaksanaan
|
3,25 – 4,00
|
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat
|
SB
|
4
|
2,50 – 3,24
|
Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat
|
B
|
||
1,75 – 2,29
|
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan kurang tepat
|
C
|
||
1,00 – 1,74
|
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat
|
K
|
||
Hasil
|
3,25 – 4,00
|
Hasil analisis dan
simpulan tepat
|
SB
|
4
|
2,50 – 3,24
|
Hasil analisis atau
simpulan tepat
|
B
|
||
1,75 – 2,29
|
Hasil analisis dan
simpulan kurang tepat
|
C
|
||
1,00 – 1,74
|
Hasil analisis dan
simpulan tidak tepat
|
K
|
||
Jumlah
|
|
8
|
VI. Format Nilai Keterampilan
No
|
Nama
|
Nilai
|
Jumlah
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Predikat
|
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan
Hasil
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor
maksimal 4/criteria
2.
Nilai
Maksimal = 8
3.
Nilai
Akhir= (Jumlah nilai
perolehan : nilai maksimal) x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar