SILABUS
MATA PELAJARAN EKONOMI (PEMINATAN)
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XI (SEBELAS)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan pengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1 Mensyukuri
pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2 Mensyukuri
karunia Tuhan YME atas keragaman dan keunggulan antar bangsa
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Bersikap
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya
mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mendeskripsikan konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
4.1 Menyajikan temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan
pertumbuhan ekonomi serta cara
mengatasinya.
|
Pembangunan Ekonomi
dan Pertumbuhan Ekonomi
·
Pengertian
pembangunan ekonomi
·
Faktor-faktor
yang mempengaruhi
pembangunan ekonomi
·
Indikator
keberhasilan pembangunan ekonomi
·
Masalah-masalah
pembangunan ekonomi di
negara berkembang
·
Kebijakan dan strategi pembangunan
·
Pengertian
pertumbuhan ekonomi
·
Perbedaan
pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
·
Cara
mengukur pertumbuhan ekonomi
·
Teori
pertumbuhan ekonomi
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang pengertian pembangunan
ekonomi, faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi, Indikator
keberhasilan pembangunan ekonomi, masalah-masalah pembangunan ekonomi di
negara berkembang, kebijakan dan strategi
pembangunan, pengertian
pertumbuhan ekonomi, perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan
ekonomi, cara mengukur pertumbuhan ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi
Menanya:
Mengajukan pertanyaan tentang pengertian pembangunan ekonomi,
faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi, Indikator keberhasilan
pembangunan ekonomi, masalah-masalah pembangunan ekonomi
di negara
berkembang, kebijakan dan strategi pembangunan, pengertian pertumbuhan ekonomi,
perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, cara mengukur
pertumbuhan ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data dan informasi tentang pengertian pembangunan ekonomi, faktor-faktor
yang memengaruhi pembangunan ekonomi, Indikator keberhasilan pembangunan
ekonomi, masalah-masalah pembangunan ekonomi
di negara
berkembang, kebijakan dan strategi pembangunan, pengertian pertumbuhan ekonomi, perbedaan
pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumbuhan
ekonomi, dan teori pertumbuhan ekonomi melalui berbagai sumber
Mengasosiasi:
Menganalisis
informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
serta membuat
hubungannya untuk mendapatkan
simpulan dan menemukan cara mengatasi masalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis dan temuan dalam bentuk tulisan tentang cara mengatasi masalah pembangunan dan
pertumbuhan ekonomi
|
Tes tertulis :
menilai kemampuan kognitif tentang Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi dalam bentuk objektif dan uraian
Unjuk
kerja :
Menilai
kemampuan diskusi/presentasi laporan hasil analisis masalah pembangunan ekonomi
dan pertumbuhan ekonomi
Penilaian produk : Menilai kemampuan menemukan cara mengatasi masalah pembangunan dan
pertumbuhan ekonomi
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
4 x 4 JP
|
· Buku paket
Ekonomi Kemdikbud
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Media massa cetak/elektronik
·
www.bappenas.go.id
·
Undang-undang
No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN)
|
|
3.2
Menganalisis
permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
4.2 Menyajikan
hasil analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia
|
Ketenagakerjaan
·
Pengertian
ketenagakerjaan, kesempatan
kerja, tenaga
kerja dan angkatan
kerja
·
Upaya
meningkatkan kualitas tenaga kerja
·
Sistem
upah
·
Pengangguran
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang pengertian ketenagakerjaan, kesempatan
kerja, tenaga
kerja dan angkatan
kerja, upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja, sistem upah, dan pengangguran
Menanya:
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang pengertian ketenagakerjaan, kesempatan
kerja, tenaga
kerja dan angkatan
kerja, upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja, sistem upah, dan
pengangguran
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data dan informasi tentang pengertian ketenagakerjaan, kesempatan
kerja, tenaga
kerja dan angkatan
kerja, upaya
meningkatkan kualitas tenaga kerja,
sistem upah, dan pengangguran
melalui berbagai
bacaan dan/atau browsing internet.
Mengasosiasi:
Menganalisis
informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
serta membuat
hubungannya untuk mendapatkan
simpulan dan
menemukan cara mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia dan
di daerahnya
Mengomunikasikan:
Menyampaikan hasil analisis atau hasil observasi tentang cara mengatasi permasalahan
ketenagakerjaan di Indonesia
dalam bentuk tulisan maupun lisan
|
Tes tertulis
menilai kemampuan kognitif `tentang permasalahan ketenagakerjaan
di Indonesia dalam bentuk
objektif dan uraian
Unjuk kerja :
Menilai kemampuan diskusi/presentasi
laporan hasil analisis masalah ketenagakerjaan
Penilaian produk Menilai kemampuan menemukan cara mengatasi
permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
3 x 4 JP
|
· Buku paket
Ekonomi Kemdikbud
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Media massa cetak/elektronik
·
Undang-undang
No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.3. Mendeskripsikan pendapatan
nasional
4.3
Menyajikan
hasil perhitungan pendapatan nasional
|
Pendapatan
Nasional
·
Pengertian
pendapatan nasional
·
Manfaat
pendapatan nasional
·
Komponen-komponen
pendapatan nasional
·
Metode
perhitungan pendapatan nasional
·
Pendapatan
perkapita
|
Mengamati
Membaca buku teks tentang konsep, manfaat, komponen dan
metode perhitungan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita dari berbagai sumber yang
relevan
Menanya:
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang konsep pendapatan nasional,
manfaat, komponen dan metode perhitungan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data dan informasi tentang konsep, manfaat, komponen dan
metode perhitungan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita melalui berbagai
bacaan..
Mengasosiasi:
menganalisis
informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk dapat menyajikan konsep, manfaat, komponen dan
metode perhitungan pendapatan
nasional
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang hasil perhitungan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita
|
Tes tertulis
menilai kemampuan kognitif tentang pendapatan nasional dalam bentuk objektif dan uraian
Unjuk kerja
Menilai kemampuan menyajikan perhitungan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
4 x 4 JP
|
· Buku paket
Ekonomi Kemdikbud
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Media massa
dan media cetak/elektronik
·
Bila memungkinkan dapat menggunakan internet untuk
mengakses data ,misalnya : http://mediaamirulindonesia.blogspot.com/2012/06/konsep-dan-metode-perhitungan. html
|
3.4 Mendeskripsikan APBN dan APBD dalam pembangunan
4.4
Mengevaluasi peran APBN dan APBD terhadap pembangunan
|
APBN
·
Pengertian
APBN
·
Fungsi
dan tujuan APBN
·
Sumber-sumber
penerimaan negara
·
Jenis-jenis
pengeluaran negara
·
Mekanisme
penyusunan APBN
·
Pengaruh APBN terhadap perekonomian
APBD
·
Pengertian
APBD
·
Fungsi
dan Tujuan APBD
·
Sumber-sumber
penerimaan daerah
·
Jenis-jenis
pengeluaran daerah
·
Mekanisme
penyusunan APBD
·
Pengaruh
APBD terhadap perekonomian
|
Mengamati:
membaca buku teks tentang konsep ABPN dan APBD serta melihat APBN dan APBD tahun berjalan
Menanya:
Mengajukan pertanyaan , dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang APBN dan APBD dalam
pembangunan
Mengeksplorasi:
mengumpulkan data dan informasi tentang APBN dan APBD
melalui berbagai
bacaan (referensi)
dan/atau browsing internet.
Mengasosiasi:
Menganalisis secara kritis informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
serta membuat
hubungannya untuk dapat menjelaskan peran APBN dan APBD dalam
pembangunan
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis
dan evaluasi tentang peran APBN dan APBD melalui berbagai media (lisan dan
tulisan)
|
Tes tertulis
menilai
kemampuan kognitif tentang APBN dan APBD dalam bentuk objektif dan uraian
Portofolio
Menilai
kemampuan mengevaluasi APBN dan APBD
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
4 x 4 JP
|
· Buku paket
Ekonomi Kemdikbud
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Media massa cetak/elektronik
·
UUD 1945 Pasal 23
·
Undang-undang No. 17 Tahun
2003 tentang Keuangan Negara
·
Undang-undang No. 32 Tahun
2004 tentang Kewenangan Pemerintah Daerah
·
Undang-undang No. 33 Tahun
2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.5 Menganalisis peran, fungsi, dan manfaat pajak
4.5
Mengevaluasi
peran, fungsi dan manfaat pajak
|
Perpajakan
·
Pengertian
pajak
·
Fungsi dan manfaat pajak serta
hubungannya dengan APBN
·
Perbedaan
pajak dengan pungutan resmi lainnya
·
Asas pemungutan pajak
·
Jenis-jenis
pajak
·
Sistem
pemungutan pajak di Indonesia
·
Alur
administrasi perpajakan di Indonesia
·
Objek
dan cara pengenaan pajak
·
Tantangan
pemungutan pajak
·
Simulasi
fungsi dan manfaat pajak
|
Mengamati:
Membaca buku teks tentang pengertian pajak, fungsi dan manfaat pajak serta
hubungannya dengan APBN, perbedaan pajak dengan pungutan resmi lainnya,
asas pemungutan pajak, jenis-jenis
pajak, sistem pemungutan pajak di Indonesia, alur administrasi perpajakan di
Indonesia, objek dan cara pengenaan pajak, tantangan pemungutan pajak,
simulasi fungsi dan manfaat pajak
Menanya:
Mengajukan pertanyaan tentang pengertian
pajak, fungsi dan
manfaat pajak serta hubungannya dengan APBN, perbedaan pajak dengan pungutan
resmi lainnya, asas pemungutan pajak,
jenis-jenis pajak, sistem pemungutan pajak di Indonesia, alur administrasi
perpajakan di Indonesia, objek dan cara pengenaan pajak, dan tantangan
pemungutan pajak.
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data dan informasi tentang pengertian pajak, fungsi dan manfaat pajak serta
hubungannya dengan APBN, perbedaan pajak dengan pungutan resmi lainnya,
asas pemungutan pajak, jenis-jenis
pajak, sistem pemungutan pajak di Indonesia, alur administrasi perpajakan di
Indonesia, objek dan cara pengenaan pajak, tantangan pemungutan pajak,
simulasi fungsi dan manfaat pajak
melalui berbagai
bacaan (referensi)
Mengasosiasi:
Menganalisis
informasi dan data-data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
serta membuat hubungannya
untuk dapat mengevaluasi
peran, fungsi dan manfaat pajak.
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis dan evaluasi dalam bentuk tulisan dan
lisan tentang peran, fungsi dan manfaat pajak
|
Tes tertulis
menilai kemampuan kognitif materi tentang perpajakan dalam bentuk objektif dan uraian
Penilaian portofolio Menilai kemampuan mengevaluasi
peran, fungsi dan manfaat pajak dalam pembangunan
Unjuk kerja
Menilai kemampuan menyimulasikan fungsi dan manfaat pajak
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
4 x
4 JP
|
· Buku paket
ekonomi Kemdikbud
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Media massa cetak/elektronik
·
Undang-undang
No 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan
Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP)
·
Undang-undang
No 36 Tahun 2008 tentang PPH
·
Undang-undang
No. 12 Tahun 1994 tentang PBB
|
3.6
Menganalisis Indeks harga dan inflasi
4.6
Menyajikan temuan hasil analisis indeks harga dan
inflasi
|
Indeks Harga
dan Inflasi
·
Pengertian
indek harga
·
Tujuan
perhitungan indeks
harga
·
Metode
perhitungan Indeks
harga
·
Pengertian
Inflasi
·
Penyebab Inflasi
·
Jenis-jenis
inflasi
·
Menghitung
Inflasi
·
Dampak
dan cara mengendalikan inflasi
Permintaan dan Penawaran Uang
· Teori permintaan dan penawaran uang
· Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran uang
|
Mengamati
:
Membaca indeks
harga dan
inflasi, permintaan dan penawaran uang dari
berbagai sumber yang relevan
Menanya
:
Mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan klarifikasi
yang berkaitan dengan indek
harga, inflasi, permintaan
dan penawaran uang
Mengeksplorasi
mengumpulkan
data/informasi dan mencari hubungannya tentang indek harga dan inflasi, permintaan dan penawaran uang, dari berbagai sumber belajar yang relevan
dan/atau internet (bila memungkinkan)
Mengasosiasi:
menganalisis
secara kritis dan menyimpulkan hasil analisis tentang indek harga, inflasi, permintaan dan penawaran uang, serta membuat hubungannya
Mengomunikasikan:
Menyusun
laporan dan mempresentasikan
hasil analisis/mengkritisi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang indeks harga dan inflasi,
penawaran dan permintaan
uang
|
Tes tertulis
menilai kemampuan kognitif materi tentang indeks harga dan
inflasi serta
penawaran dan permintaan uang dalam bentuk objektif dan uraian
Penilaian portofolio menilai kemampuan menganalisis hasil temuan indeks harga dan inflasi, penawaran dan permintaan
uang
Unjuk kerja
Menilai
kemampuan menyajikan hasil analisis dan simpulan
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
3 x 4 JP
|
· Buku paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku
ekonomi penunjang yang relevan
· Media massa cetak/elektronik
|
3.7 Mendeskripsikan kebijakan
moneter dan kebijakan fiskal
4.7 Mengevaluasi peran dan fungsi
kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
|
Kebijakan
Moneter
·
Pengertian
kebijakan moneter
·
Tujuan
dan peran kebijakan moneter
·
Instrumen
Kebijakan Moneter
Kebijakan
Fiskal
§
Pengertian
kebijakan fiskal
§
Tujuan
dan peran kebijakan fiskal
§
Instrumen
kebijakan fiskal
|
Mengamati:
Membaca
kebijakan
moneter dan kebijakan fiskal dari berbagai
sumber belajar yang relevan
Menanya:
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan kebijakan moneter dan
kebijakan fiskal
Mengeksplorasi:
mengumpulkan
data/informasi tentang kebijakan moneter dan kebijakan fiskal dari berbagai sumber belajar yang relevan
dan/atau melalui internet
(bila memungkinkan)
Mengasosiasi:
menganalisis secara
kritis dan menyimpulkan hasil analisis tentang kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
Mengomunikasikan:
menyusun laporan
dan mempresentasikan hasil analisis/mengkritisi dalam bentuk lisan dan
tulisan tentang peran dan fungsi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal serta membuat
hubungannya
|
Tes tertulis :
menilai kemampuan kognitif tentang kebijakan moneter dan
kebijakan fiskal dalam bentuk
objektif dan uraian
Penilaian portofolio menilai kemampuan
mengevaluasi kebijakan moneter dan fiskal
Unjuk kerja
Menilai
kemampuan menyusun laporan dan menyajikan hasil analisis dan simpulan
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
3 X 4 JP
|
· Buku paket
ekonomi Kemendikbud
· Buku-buku
ekonomi penunjang yang relevan
· Media massa cetak/elektronik
· Siswa
Perpustakaan
terbuka:
· Bank Indonesia
|
3.8
Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian
Indonesia
4.8
Menyajikan hasil analisis peran
pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
|
Pelaku Ekonomi dalam
sistem perekonomian Indonesia
·
Pengertian BUMN,
BUMS dan Koperasi
·
Peran BUMN, BUMS
dan Koperasi dalam perekonomian
·
Bentuk-bentuk
BUMN, BUMS dan Koperasi
·
Kebaikan dan
Kelemahan BUMN, BUMS dan Koperasi
|
Mengamati
Membaca :pengertian,
peran, bentuk-bentuk, serta kebaikan dan kelemahan pelaku-pelaku perekonomian
Indonesia (BUMN, BUMS, Koperasi),dari berbagai sumber belajar yang relevan
Menanya :
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan pelaku-pelaku
perekonomian Indonesia (BUMN, BUMS, Koperasi), seperti pengertian, peran, bentuk-bentuk, serta
kebaikan dan kelemahan BUMN, BUMS dan Koperasi
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan
data/informasi tentang pelaku-pelaku
perekonomian Indonesia (BUMN, BUMS, Koperasi) seperti pengertian, peran, bentuk-bentuk, serta
kebaikan dan kelemahan BUMN, BUMS dan Koperasi dari beberapa sumber
Mengasosiasi: peserta didik
menyajikan hasil analisis dan menyimpulkan
peran pelaku ekonomi dalam
sistem perekonomian Indonesia setelah mengumpulkan informasi/data serta membuat hubungannya
Mengomunikasikan:
Menyusun
laporan dan mempresentasikan hasil analisis dan simpulan tentang peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia dalam
berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
Test tulis
menilai kemampuan kognitif tentang pelaku perekonomian Indonesia dalam bentuk objektif dan uraian
Unjuk kerja
menilai kemampuan diskusi/presentasi menyajikan
hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
Penilaian produk
untuk menilai
laporan dan bahan presentasi tentang peran pelaku ekonomi dalam sistem
perekonomian Indonesia
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
3 x 4 JP
|
·
Buku paket ekonomi Kemendikbud
·
Buku-buku ekonomi
penunjang yang relevan
·
Media massa cetak/elektronik
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.9
Mendeskripsikan pasar modal dalam perekonomian
4.9 Menyimulasikan mekanisme
perdagangan saham dan investasi di pasar modal
|
Pasar
Modal
·
Pengertian
pasar modal
·
Peran
pasar modal
·
Lembaga
penunjang pasar modal
·
Instrumen/produk
·
Mekanisme
transaksi
·
Investasi
di pasar modal
|
Mengamati
Membaca pengertian pasar modal, peran pasar modal, lembaga
penunjang, Instrumen/produk, mekanisme transaksi dan Investasi di pasar modal dari berbagai sumber belajar yang relevan
Menanya :
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian pasar modal, peran pasar
modal, Instrumen/produk, mekanisme transaksi dan Investasi di pasar modal dari berbagai sumber belajar
Mengeksplorasi:
mengumpulkan data/informasi berkaitan
dengan pengertian pasar modal, peran pasar modal,
Instrumen/produk, mekanisme transaksi dan Investasi di pasar modal
Mengasosiasi:
menyimulasikan
mekanisme perdagangan saham dan investasi di pasar modal setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan serta membuat hubungannya
Mengomunikasikan:
Menyampaikan hasil simulasi mekanisme
perdagangan saham dan investasi di pasar modal dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
Tes tertulis
menilai kemampuan kognitif tentang pasar modal dalam bentuk objektif dan uraian
Unjuk kerja
menilai kemampuan menyimulasikan mekanisme perdagangan
sahan dam investasi di pasar modal
Penilaian
produk
menilai
laporan hasil simulasi mekanisme perdagangan saham dan investasi di pasar
modal
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
2 x 4 JP
|
·
Buku paket ekonomi Kemendikbud
·
Buku-buku ekonomi
penunjang yang relevan
·
Media massa cetak/elektronik
· Undang-undang No. 8 Tahun 1995 tentang
Pasar Modal
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.10 Mendeskripsikan
konsep dan kebijakan perdagangan
internasional
4.10 Mengevaluasi dampak kebijakan perdagangan
internasional
|
Perdagangan Internasional
·
Pengertian
perdagangan Internasional
·
Manfaat perdagangan Internasional
·
Faktor pendorong
dan penghambat perdagangan Internasional
·
Teori perdagangan
Internasional
·
Kebijakan
perdagangan internasional
·
Tujuan kebijakan
perdagangan internasional
·
Neraca perdagangan
|
Mengamati:
Membaca dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan pengertian perdagangan Internasional, manfaat perdagangan Internasional, faktor pendorong
dan penghambat perdagangan Internasional, teori perdagangan Internasional,
kebijakan perdagangan internasional, tujuan kebijakan perdagangan
internasional, dan neraca perdagangan
Menanya :
mengajukan pertanyaan yang berkaitan pengertian
perdagangan Internasional, manfaat
perdagangan Internasional, faktor pendorong dan penghambat perdagangan
Internasional, teori perdagangan Internasional, kebijakan perdagangan
internasional, tujuan kebijakan perdagangan internasional, dan neraca
perdagangan
Mengeksplorasi:
mengumpulkan data/informasi tentang pengertian perdagangan
Internasional, manfaat perdagangan
Internasional, faktor pendorong dan penghambat perdagangan Internasional,
teori perdagangan Internasional, kebijakan perdagangan internasional, tujuan
kebijakan perdagangan internasional, dan neraca perdagangan dari berbagai sumber yang relevan
Mengasosiasi :
mengevaluasi dampak kebijakan perdagangan internasional dalam bentuk
laporan setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan serta membuat hubungannya
Mengomunikasikan:
Menyampaikan hasil
evaluasi dan simpulan tentang
dampak kebijakan ekonomi internasional dalam berbagai
bentuk media (lisan dan tulisan)
|
Tes tertulis
menilai kemampuan kognitif tentang perdagangan internasional dalam bentuk objektif dan uraian
Penilaian portofolio
untuk menilai kemampuan mengevaluasi dampak kebijakan
perdagangan internasional
Unjuk
kerja
menilai kemampuan
menyampaikan hasil evaluasi dan simpulan
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
3 x 4 JP
|
·
Buku paket ekonomi Kemendikbud
·
Buku-buku ekonomi
penunjang yang relevan
·
Wardayadi. wordpress. com.
·
Media massa cetak/elektronik
|
3.11
Menganalisis
kerjasama ekonomi internasional
4.11 Menyajikan hasil analisis kerjasama ekonomi internasional
|
Kerjasama
Internasional
· Pengertian
kerjasama ekonomi internasional
· Manfaat
kerjasama ekonomi internasional
· Bentuk-bentuk
kerjasama ekonomi
· Lembaga-lembaga ekonomi Internasional
|
Mengamati:
Membaca pengertian kerjasama ekonom internasional,
manfaat kerjasama ekonom
internasional, bentuk-bentuk kerjasama ekonom, dan
lembaga-lembaga ekonomi Internasional dari berbagai sumber belajar
Menanya :
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian kerjasama ekonom internasional,
manfaat kerjasama ekonom
internasional, bentuk-bentuk kerjasama ekonom, dan
lembaga-lembaga ekonomi Internasional
Mengeksplorasi:
mengumpulkan data/informasi tentang pengertian
kerjasama ekonomi internasional, manfaat kerjasama ekonom internasional, bentuk-bentuk kerjasama
ekonom, dan lembaga-lembaga ekonomi Internasional dari beberapa sumber
Mengasosiasi: menyajikan hasil analisis dan simpulan serta membuat hubungannya tentang pengertian kerjasama ekonomi internasional,
manfaat kerjasama ekonom
internasional, bentuk-bentuk kerjasama ekonom, dan
lembaga-lembaga ekonomi Internasional setelah mengumpulkan informasi/data.
Mengomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis dan simpulan tentang pengertian kerjasama ekonom internasional,
manfaat kerjasama ekonomi internasional, bentuk-bentuk kerjasama ekonom, dan lembaga-lembaga ekonomi Internasional dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
Tes tertulis
menilai kemampuan kognitif tentang kerjasama internasional dalam bentuk objektif dan uraian
Unjuk kerja
menilai kemampuan diskusi/presentasi menyajikan
hasil analisis kerjasama
ekonomi internasional
Penilaian produk menilai laporan dan bahan presentasi tentang kerjasama ekonomi
internasional
Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan
sikap sosial siswa selama proses pembelajaran
|
1 x 4 JP
|
·
Buku paket ekonomi Kemendikbud
·
Buku-buku ekonomi
penunjang yang relevan
·
Media massa cetak/elektronik
·
Bila memungkinkan
dapat menggunakan internet untuk mengkases data ,misalnya http://ssbelajar.blogspot.com/2012/03/kebijakan-perdagangan-internasional. html
|
Catatan:
Bentuk penilaian Anecdotal record diusulkan untuk
menilai ranah sikap spiritual dan sikap sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar